• Selasa, 17 Mei 2022

Polda Metro Jaya Gerebek Kantor Sejumlah Operator Pinjol Ilegal

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:47 WIB
Anggota Ditkrimsus Polda Metro Jaya tengah melakukan pengecekan atas salah satu unit komputer di kantor operator pinjaman online (pinjol) di Cipondoh, Tengerang, yang digerebek, Kamis (14/10/2021). (I More)
Anggota Ditkrimsus Polda Metro Jaya tengah melakukan pengecekan atas salah satu unit komputer di kantor operator pinjaman online (pinjol) di Cipondoh, Tengerang, yang digerebek, Kamis (14/10/2021). (I More)

MEDIUSNEWS - Polda Metro Jaya melakukan penggerebekan ke kompleks ruko di kawasan perumahan di wilayah Cipondoh, Tangerang. Ruko tersebut merupakan kantor operator pinjaman online (pinlol). Penggerbekan dipimpin oleh Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis.

"Tempat ini merupakan kantor dari sebuah perusahan fintech yang melakukan pinjaman online yang tidak berizin," terang Kombes Auliansyah di lokasi penggerebekan, Cipondoh, Tangerang, Kamis (14/10/2021).

Dia menjabarkan, kompleks tersebut terdiri dari enam ruko, masing-masing berlantai empat. Lokasi tersebut menjadi kantor dari sejumlah operator pinjaman online.

Hasil penggerebekan, polisi menemukan 13 aplikasi. Setelah berkomunikasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tida aplikasi dinyatakan berizin, sedangkan 10 aplikasi lainnya tidak berizin atau ilegal.

"Ada 32 orang yang kita amankan hari ini," terang Aulia.

Baca Juga: Digugat Uni Eropa, Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Gentar

Polisi akan meminta keterangan dari orang-orang yang diamankan dan melakukan pendalaman terhadap barang bukti berupa aplikasi Fintech dan sejumlah unit komputer yang ikut diamankan.

Selain di Cipondoh, Polda Metro Jaya juga melakukan penggerebekan di sejumlah lokasi lain dengan target operator pinjol ilegal. Kepolisian menyatakan telah mendapatkan banyak laporan masyarakat terkait kegiatan pinjol yang meresahkan dan mengandung unsur pidana.

Aksi Polda Metro Jaya ini dilaksanakan setelah adanya penegasan Presiden Joko Widodo terkait praktek pinjol yang diwarnai tindak pidana. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan pada acara yang diselenggarakan OJK, Selasa (12/10/2021).

Halaman:

Editor: I. More Ghale

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X