• Minggu, 26 Juni 2022

Jaga Tradisi Tanam Tembakau Srobong Gobang, Warga Desa Tlilir Temanggung Gelar Adat Merti Dusun

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 01:09 WIB
Warga Desa Tlilir, Kabupaten Temanggung, menggelar ritual adat tahunan Merti Dusun (Foto: Sontri/mediusnews.com)
Warga Desa Tlilir, Kabupaten Temanggung, menggelar ritual adat tahunan Merti Dusun (Foto: Sontri/mediusnews.com)

MEDIUSNEWS.COM - Ratusan warga Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar ritual adat tahunan Merti Dusun yang dikemas dalam event bertajuk Srobong Gobang.

 

Kepala Desa Tlilir Fatkhur Rohman mengatakan kegiatan Merti Dusun dikemas dalam bentuk karnaval budaya bernama Srobong Gobang.

"Ini telah berlangsung sejak tahun 2015, sehingga menjadi event yang tidak hanya dapat dinikmati oleh warga saja tapi dapat juga menjadi daya tarik wisata sehingga mampu mengundang wisatawan dari luar daerahnya," tutur Rohman dalam keterangannya, Jumat 18 Maret 2022.

Baca Juga: Untuk Menjaga Peninggalan Cagar Budaya non Benda, Seni Kriya Logam Boyolali, Masuk Kurikulum Pendidikan

Kegiatan ini kata dia laksana lomba, pasalnya masing-masing dusun dari Desa Tlilir saling unjuk gigi dan mematutkan diri keseniannya untuk menjadi yang terbaik di panggung dengan latar belakang Gunung Sumbing yang terlihat penuh pesona.

"Perlu menjadi catatan pula, dalam event Srobong Gobang ini ada yang namanya ritual jamasan. “Jamasan adalah prosesi mencuci “Gobang” alat pertanian yang akan digunakan dari tanam hingga memanen tembako," ucapnya.

Sebelum di jamasan, seluruh warga mengiringi dengan do”a agar dari masa tanam hingga panen tembakau hasilnya akan lebih baik dan harganya pun melangit, sehingga para warga merasakan dampak positifnya.

Baca Juga: Aturan Perayaan Tahun Baru, Pawai Dilarang dan Pentas Seni Budaya Dibatasi

Halaman:

Editor: Bivi Edward P

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Metro Jaya: Demo FPI Reborn Tak berizin

Kamis, 9 Juni 2022 | 13:39 WIB
X