• Senin, 15 Agustus 2022

HNSI Bakal Tertibkan Rumpon Bagi Nelayan di Kepulauan Morotai

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 12:01 WIB
Ketua DPC HNSI Morotai, Fachruddin M Banyo bersama anggota memantau aktivitas nelayan tuna (Foto: Abdu Simuda/mediusnews.com)
Ketua DPC HNSI Morotai, Fachruddin M Banyo bersama anggota memantau aktivitas nelayan tuna (Foto: Abdu Simuda/mediusnews.com)

MEDIUSNEWS - Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Morotai, Fachruddin M Banyo bersama anggota memantau aktivitas nelayan tuna Pasifik di Desa Sangowo, Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Rabu 3 Agustus 2022.

“Disela monitoring kegiatan nelayan, Ketua HNSI Morotai juga memberikan pengarahan kepada nelayan agar melaut selalu menggunakan alat pengembang dan navigasi (GPS) agar bisa membantu nelayan disaat cuaca sedang ekstrem,” ujarnya.

Menurutnya, pada berapa bulan terakhir Maluku Utara khususnya perairan Morotai mengalami perubahan cuaca laut yang ekstrem, sehingga berdampak pada nelayan Morotai Utara yang hilang sampai saat ini belum juga ditemukan. hingga saat ini masih dilakukan pemantauan pencarian.

Baca Juga: Didemo Mahasiswa Soal Galian C, Dinas Lingkungan Hidup Morotai Malah Bilang Begini

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan silaturahmi pada nelayan di seluruh Kecamatan dan Desa guna menerima semua aspirasi dan aduan nelayan tentang sarana prasarana nelayan, diantatanya, BBM, kebutuhan ES kristal, dan perizinan,” kata dia kepada wartawan.

Dikatakan Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Morotai ini, nantinya kedepan untuk pemasangan rumpon harus sesuai dengan aturan dalam wilayah pengelolaan perikanan.

Pasalnya, kata dia Pulau Morotai menjadi prima mover potensi komoditas selain pariwisata Morotai juga memiliki keunggulan salah satunya di bidang perikanan yakni ikan Tuna.

Baca Juga: Didemo Mahasiswa Soal Galian C, Dinas Lingkungan Hidup Morotai Malah Bilang Begini

“Keunggulan tersebut mampu memberikan dampak ekonomi yang besar bagi PAD Pulau Morotai pada kurun waktu 10 tahun terakhir,” ucap dia.

Halaman:

Editor: Muhammad Ari Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2 Nelayan Hilang di Morotai Utara Kini Ditemukan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 21:17 WIB

Viral Diduga Gegara HP Siswa SD di Ciamis Meninggal

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:46 WIB

Sagu Ikan Morotai Dehegila Laris Terekspor

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:54 WIB
X