Puluhan Warga bersama LSM LGI Protes Proyek Double Track Kiaracondong-Cicalengka

- Jumat, 13 Januari 2023 | 22:47 WIB
Warga bersama LSM LGI demo proyek Double Track jalur Kiaracondong-Cicalengka (Istimewa)
Warga bersama LSM LGI demo proyek Double Track jalur Kiaracondong-Cicalengka (Istimewa)

MEDIUSNEWS - Puluhan warga bersama LSM Laskar Garuda Indonesia geruduk kantor PT KAI di Stasiun Selatan Kiaracondong, Jumat 13 Januari 2023. Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikan aspirasinya terkait dampak yang ditimbulkan dari proyek jalur ganda (double track) jalur Kiaracondong-Cicalengka. Proyek tersebut, dianggap menimbulkan dampak negatif bagi warga sekitar.

Koordinator aksi, Isah mengatakan mereka menggelar aksi karena banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari proyek double track jalur Kiaracondong-Cicalengka. Terlebih untuk warga di Kiaracondong.

Dampak itu, kata dia, diantaranya terkait keselamatan dan kesehatan. Kata dia pihak PT KAI dan pemenang tender proyek tersebut terkesan mengabaikan tentang kesehatan dan keselamatan.

Baca Juga: Polsek Kotabumi Kota Gelar Program Quick Wins Presisi Jumat Curhat di Kelurahan Kota Gapura

"Dari pertama mulai dikerjakan proyek sampai sekarang seperti tidak ada niat untuk memperbaiki cara kerjanya. Saat musim hujan jalan depan rumah kami menuju proyek becek, sampai tanah merahnya naik ke jalan aspal. Itu mengakibatkan ada pengguna sepeda motor tergelincir. Saat kemarau, debunya masuk ke rumah warga," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Laskar Garuda Indonesia (LGI) Ifan Andita meminta perusahaan pemenang tender agar lebih memperhatikan masyarakat sekitar.

“Kami meminta Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Barat sebagai satuan kerja (Satker), untuk memberikan perhatian yang serius terhadap dampak sosial,” ujarnya.

Baca Juga: Cek Aktivitas Perekonomian Setelah PPKM Dicabut, Jokowi Blusukan ke Pusat Perbelanjaan Kokas

Adapun tuntut Laskar Garuda Indonesia (LGI) kepada Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat, diantaranya:

1. Menuntut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Barat sebagai satuan kerja (Satker), untuk memberikan perhatian yang serius terhadap dampak sosial yang diakibatkan adanya proyek jalur ganda (double track) Kereta Api KiaracondongCicalengka

2. Menuntut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Barat selaku Satker, untuk melakukan pengawasan secara langsung terhadap kondisi yang terjadi di masyarakat Serta menjadi bagian dari solusi.

Baca Juga: Ini Begal Apes di Bandung, Sukses Merampas HP Pelajar eh Kena Dor Polisi

3. Menuntut kepada kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Barat, untuk memastikan adanya Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sesuai aturan Undang-undang. (***)

Editor: Moch Bayu Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X