Gempa Susulan Guncang Cianjur, Dilaporkan ada Rumah Roboh dan Warga Terluka

- Selasa, 24 Januari 2023 | 10:06 WIB
Gempa susulan kembali mengguncang Cianjur (Ilustrasi)
Gempa susulan kembali mengguncang Cianjur (Ilustrasi)

MEDIUSNEWS - Gempa bumi kembali guncang Cianjur. Gempa yang terjadi pada Selasa 24 Januari 2023 pukul 02.45 WIB itu menyebabkan sejumlah rumah rusak dan empat orang luka-luka.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui aku Twitter resmi, @infoBMKG merilis, gempa yang mengguncang Cianjur pada Selasa dini hari itu berkekuatan magnitudo 4,4 berpusat di darat pada kedalaman 10 kilometer (km).

"Lokasi pusat gempa berada di 11 km barat laut Kabupaten Cianjur," tulis BMKG.

Baca Juga: Gempa M2,9 Guncang Cianjur, Ini Kedua Kali di Awal 2023

Disebutkan, pusat gempa bumi berada dalam koordinat 6,81 Lintang Selatan (LS) dan 1-7 Bujur TImur (BT). Meski pun kekuatannya cukup besar dan berpusat di darat, belum diperoleh informasi terkait dampak dari gempa bumi tersebut.

Gempa dirasakan di beberapa wilayah, di antaranya Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Warungkondang, Karangtengah, Cipanas, Pacet, Cilaku, Cibeber, dan Cugenang. Warga pun dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Dilaporkan, akibat gempa ini, empat orang mengalami luka-luka. Korban luka antara lain, atas nama Siti(34) Warga Kampung Cijedil, Desa Cujedil, Kecamatan Cugenang; Halimah (42) Warga Kampung Kedung, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang; Dimas (26) warga Kampung Kedung Girang, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang; dan Ajid (7) anak dari Ade dan Ai warga Kampung Bebesaran, Desa Ciputri. Mereka dibawa ke RSUD Cimacan untuk mendapat penanganan medis.

Baca Juga: Pagi Tadi Pangandaran Diguncang Gempa, BMKG Ingatkan Gempa Susulan!

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Fatah Rizal, mengatakan pihaknya sudah menerjunkan tim dari BPBD dan relawan kebencanaan untuk memeriksa setiap wilayah. Sebab gempa susulan yang terjadi ini guncangannya besar sehingga dikhawatirkan menimbulkan dampak, baik kerusakan rumah ataupun korban.

Halaman:

Editor: Moch Bayu Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X